PEMBELAJARAN BERMAKNA



Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang menekankan pada student centered. Guru di dalam kelas hanya berperan sebagai fasilitator, siswa dibimbing untuk mengkonstruksi ilmunya sendiri. Pembelajaran di kelas menjadi bermakna dengan pendekatan pembelajaran CTL ( Contextual Teaching and Learning ) atau PAIKEM ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan ). Pengemasan pembelajaran yang menyenangkan disetting pada RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ).

Pada tahun 2012 diharapkan pembelajaran yang ditekankan untuk membina karakter peserta didik yang disetting pada RPP yang berkarakter. Pembinaan karakter ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap perilaku, disamping pembinaan mata pelajaran. Langkah kegiatan pembelajaran, dimulai dari kegiatan Pendahuluan ( Prasarat Pengetahuan dan Motivasi ), Kegiatan Inti ( Kegiatan Explorasi, Elaborasi dan Konfirmasi ), Kegiatan Penutup atau Evaluasi. RPP yang berkarakter adalah RPP yang dilengkapi dengan design atau scenario pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif, PBL, Problem Solving dan pembinaan karakter.  Pembelajaran kooperatif dapat dibuat bervariatif sehingga dapat membuat siswa senang dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Khusus Guru yang telah memiliki sertifikat sertifikasi harus siap menjadi guru yang profesional yang mampu mengembangkan ” empat kompetensi guru ” lebih-lebih guru yang telah mendapat tunjangan profesi harus siap menjadi tauladan bagi guru yang belum tersertifikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: