The Great Blue Hole


The great blue hole

The Great Blue Hole atau Lubang Biru yang sangat besar adalah  salah satu keajaiban yang paling dikenal di dunia alam. The Great Blue Hole terletak di Belize Barrier Reef, sekitar 60 mil jauhnya dari Belize City, di Amerika Tengah.  Hal ini diyakini bahwa lubang ini adalah lubang laut terbesar di dunia, dengan diameter 300 m.  Lubang ini terbentuk akibat kenaikan permukaan laut sekitar 65.000 tahun yang lalu. Tempat ini yang paling menarik bagi wisatawan dan penyelam yang mengeksplorasi kedalaman lubang ini. Diketahui bahwa terdapat banyak jaringan gua di tempat ini. Penyelam juga tertarik dengan banyak spesies hewan langka dan bentuk-bentuk kehidupan yang dapat ditemukan hanya di tempat ini.

The Belize Barrier Reef

The Great Blue Hole adalah lubang pembuangan air besar di lepas pantai Belize. Itu terletak di dekat pusat Lighthouse Reef, sebuah atol kecil 70 kilometer (43 mil) dari daratan Belize City. Lubang itu berbentuk bulat, lebih dari 300 m

eter (984 kaki) dan di kedalaman 124 meter (407 kaki). Lubang ini telah terbentuk selama beberapa episode glasiasi Kuarter ketika permukaan air laut jauh lebih rendah. Analisis stalaktit ditemukan di Great Blue Hole menunjukkan bahwa telah terjadi pembentukan 153, 66, 60 dan 15 ribu tahun yang lalu, saat laut mulai bangkit kembali, gua-gua tersebut mengalami kebanjiran. The Great Blue Hole adalah bagian dari Belize Barrier Reef yang lebih besar, sebagai Situs Warisan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

Pemeriksaan oleh ekspedisi kapal Calypso. Dikonfirmasi asal lubang sebagai formasi batu kapur khas Karst , dibentuk sebelum permukaan laut naik  sedikitnya empat tahap, meninggalkan tepian pada kedalaman 21, 49 dan 91 meter (69, 161 dan 299 kaki). Stalaktit yang diambil dari gua-gua terendam, membenarkan mereka sebelumnya adalah formasi di atas permukaan laut. Beberapa dari stalaktit mengindikasikan bahwa ada juga terjadi beberapa pergeseran geologi masa lalu dan miring dari dataran tinggi yang mendasarinya, diikuti oleh masa yang panjang.

Dipantai pembentukan gua-gua yang sama, dikenal sebagai ” sinkhole ” yang  sudah dikenal di Belize,  dan di Semenanjung Yucatan, di mana mereka dikenal sebagai “cenotes”.

Sinkhole  / Doline

Sinkhole atau Sebuah lubang pembuangan, juga dikenal sebagai wastafel atau doline atau cenote, adalah depresi alami atau lubang di permukaan bumi disebabkan oleh proses erosi batu kapur Karst,  pembubaran kimia batuan karbonat atau suffosion proses besi ( fe ) di pasir. Sinkholes dapat bervariasi dalam ukuran dari kurang dari 1 600 meter (3,3 hingga 2.000 kaki) baik dalam diameter dan kedalaman, dan bervariasi dalam bentuk dari tanah berlapis batuan dasar mangkuk atau jurang.  Mereka mungkin terbentuk secara bertahap atau tiba-tiba, dan ditemukan di seluruh dunia. Istilah-istilah ini sering digunakan secara bergantian, meskipun banyak membedakan antara daerah aliran air mengalir dari permukaan ke dalam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: